CONTOH
LAPORAN INDIVIDU KKN
LAPORAN INDIVIDU
KULIAH KERJA NYATA (KKN)
PROGRAM PENGABDIAN MASYARAKAT (PPM)
SEMESTER KHUSUS TAHUN 2009/2010
LOKASI 34
DUSUN JAGALAN, DESA MARGODADI
KECAMATAN SEYEGAN, KABUPATEN SLEMAN
DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA
Disusun oleh :
Nama
: E. Dwi Ningsih
NIM
: 07407141007
Prodi : Ilmu Sejarah
LEMBAGA
PENGABDIAN MASYARAKAT
UNIVERSITAS
NEGERI YOGYAKARTA
2010
PENGESAHAN
LAPORAN
KULIAH KERJA NYATA UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA
PERIODE 1 JULI - 31 AGUSTUS 2010
DUSUN JAGALAN DESA MARGODADI KEC. SEYEGAN
KAB. SLEMAN
Nama
: E. Dwi Ningsih
NIM
: 07407141007
Fak/Jurusan : FISE/ILMU SEJARAH
Telah melaksanakan Kegiatan KKN di Dusun
Jagalan, Desa Margodadi, Kecamatan Seyegan, Kabupaten Sleman dari tanggal
1 Juli sampai dengan 31 Agustus 2010. Hasil kegiatan termasuk dalam
naskah laporan ini.
Sleman, 31 Agustus 2010
Kepala Desa Margodadi
|
Kepala Dusun Jagalan
|
Subandi
|
Waryono Hadi Siswanto
|
Mengetahui,
|
|
Dosen Pembimbing Lapangan
|
|
Sudaryanto, M.Si
|
|
NIP. 196804172000031001
|
KATA PENGANTAR
Puji syukur saya panjatkan
ke hadirat ALLAH SWT atas limpahan rahmat, taufik, dan hidayah-Nya kepada kita
semua, sehingga program Kuliah Kerja Nyata semester khusus tahun 2010 di dusun
Jagalan ini dapat terlaksana dan terselesaikan dengan baik.
Laporan KKN ini disusun sebagai bentuk
pertanggungjawaban tertulis saya selama pelaksanaan KKN di dusun Jagalan pada
khususnya dan desa Margodadi pada umumnya, dari tanggal 30
Juni sampai dengan 31 Agustus 2010.
Saya menyadari bahwa
keberhasilan dan terlaksananya program-program yang telah saya laksanakan
bukanlah keberhasilan individu maupun kelompok. Untuk itu, saya mengucapkan
terima kasih yang sebesar-besarnya kepada :
1.
Orangtua saya yang telah memberikan
dukungan moral dan material
2. Bapak Dr. Rochmat Wahab, M.Pd., M.A selaku
rektor UNY
3. Prof. Dr. Burhan
Nurgiantoro selaku Ketua LPM UNY
4. Sudaryanto, M.Si. selaku
Dosen Pembimbing Lapangan
5. Camat Seyegan beserta
stafnya
6.
Bapak Subandi, lurah Margodadi,
beserta seluruh perangkat desa yang telah membantu memperlancar program-program
saya
7.
Bapak Waryono Hadi Siswanto selaku
kepala dukuh Jagalan atas segala bantuan dan arahannya
8.
Tokoh-tokoh masyarakat dan warga
masyarakat Jagalan yang telah bersedia menerima dan membantu kami selama
melaksanakan program KKN
9.
Pemuda Harapan Sapta (PHS) dusun
Jagalan yang telah memberikan bantuannya demi kelancaran program-program saya
10.
Rekan-rekan KKN satu kelompok yang
telah membantu saya selama kegiatan berlangsung
11.
Rekan-rekan KKN dikelurahan
Margodadi yang telah bersedia memberikan bantuan dan sarannya kepada saya
sehingga program yang saya rencanakan berjalan dengan baik
12.
Kawan-kawan KKN yang berada di
seluruh kecamatan Seyegan yang telah membantu program saya
13.
Tidak lupa juga kepada semua pihak
yang telah mendukung dan membantu pelaksanaan KKN di Lokasi 34 yang tidak dapat
saya sebutkan satu persatu
Semoga itikad dan amal
baik yang telah diberikan mendapatkan balasan dari ALLAH SWT. Tak lupa saya haturkan
maaf kepada semua pihak atas segala kesalahan dan kekurangan dalam melaksanakan
program-program saya selama saya melaksanakan KKN di dusun Jagalan selama tak
kurang dua bulan lamanya.
Pada akhirnya, saya
berharap kegiatan KKN ini dapat berguna bagi masyarakat dusun Jagalan pada
khususnya dan masyarakat desa Margodadi pada umumnya dalam mempercepat proses
pembangunan masyarakat desa. Amin.
Sleman, 31 Agustus 2010
Penyusun
DAFTAR
ISI
Halaman Judul
|
i
|
Halaman Pengesahan
|
ii
|
Kata Pengantar
|
iii
|
Daftar Isi
|
v
|
Abstrak
|
viii
|
BAB
I PENDAHULUAN
|
1
|
A. Analisis Situasi
|
2
|
1. Latar Belakang
|
2
|
2. Kondisi Alam dan
Potensi Fisik
|
3
|
3. Kondisi Perekonomian
|
3
|
4. Kondisi Sosial
Masyarakat
|
4
|
5. Kondisi Pemerintahan
dan Kelembagaan (Aparatur Dusun)
|
4
|
B. Rumusan Program Kerja
Individu
|
4
|
1. Program Kerja Kelompok
|
5
|
2. Program Kerja Kelompok
Tambahan
|
6
|
3. Program Kerja Individu
Utama
|
7
|
4. Program Kerja Individu
Penunjang
|
7
|
5. Program Kerja Individu
Tambahan
|
7
|
6. Program Kerja Insidental
Kelompok dan Individu
|
7
|
BAB II PEMBAHASAN
& PELAKSANAAN PROGRAM
|
9
|
A. Program Kerja
Individu Utama
|
9
|
1. Bimbingan Belajar IPS
|
9
|
B. Program Kerja
Individu Penunjang
|
10
|
1. Bimbingan Belajar Bahasa
Inggris
|
10
|
2. Posyandu
|
11
|
3. Pendidikan Anti Korupsi
|
12
|
4. Training Bahasa Jawa
|
12
|
5. Pelatihan Bio Plastik
|
13
|
C. Program Individu Tambahan
|
14
|
1. Piket Kelurahan
|
14
|
2. Wisata Sejarah
|
15
|
D. Program Insidental
|
15
|
1. Insidental Kelompok
|
16
|
2. Insidental Individu
|
17
|
BAB III PENUTUP
|
18
|
A. Kesimpulan
|
18
|
B. Saran
|
18
|
DAFTAR PUSTAKA
|
21
|
LAMPIRAN
|
22
|
Matrik
Program Kerja
|
|
Catatan
Harian
|
|
Rekapitulasi
Dana
|
|
Daftar
Presensi Bimbel IPS
|
|
Daftar
Presensi Bimbel Bahasa Inggris
|
|
1. Daftar Presensi
Pendidikan Anti Korupsi
|
|
Daftar
Presensi Training Bahasa Jawa
|
|
Materi
Training Bahasa Jawa
|
|
Foto
- Foto Kegiatan
|
ABSTRAK
Kuliah
Kerja Nyata UNY Lokasi 34
DUSUN JAGALAN
DESA MARGODADI, KECAMATAN SEYEGAN
KABUPATEN SLEMAN
Oleh :
E. Dwi
Ningsih
07407141007
Setelah mengadakan
pengamatan langsung di dusun Jagalan tidak banyak permasalahan yang dialami
oleh warga dusun Jagalan desa
Margodadi Kecamatan Seyegan Kabupaten Sleman. Berdasarkan data yang
diperoleh, dusun Jagalan terbagi dalam empat RT dan dua RW yaitu RT 1, 2,
3 dan 4 dan RW 13 dan 14.
Sebagian besar
penduduknya memeluk agama Islam. Penduduk dusunJagalan mayoritas
berprofesi sebagai petani/ pekebun, peternak dan karyawan swasta. Namun,
ada juga beberapa yang bekerja sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS). Keadaan
masyarakat Jagalan yang berprofesi sebagai
peternak mayoritas merupakan peternak sapi pedaging. Bahkan limbah dari
peternakan tidak hanya dimanfaatkan untuk Bio Gas tetapi juga sebagai pupuk
Kompos. Bio Gas milik kelompok ternak ”Suro Dadi” telah dijadikan percontohan
Bio Gas tidak hanya tingkat desa namun juga tingkat nasional.
Dari penelitian
diperoleh hasil bahwa masyarakat Jagalan telah maju di
bidang peternakan, namun tidak ada salahnya jika ditambahkan pengetahuan lain
khususnya untuk anak-anak di dusun Jagalan. Untuk
itu saya coba merancang program selama dua bulan yang terbagi dalam dua
klasifikasi program yaitu program utama dan program penunjang. Program utama
yaitu Bimbingan Belajar IPS, diharapkan
para siswa lebih mudah menyerap materi yang diberikan di sekolah, menambah
minat belajar siswa. Selain itu membuat mata pelajaran IPS lebih mudah dan
menyenangkan sehingga menjadi mata pelajaran favorit. Sedangkan untuk program
penunjangnya adakan program bimbingan belajar Bahasa Inggris, Posyandu,
Pendidikan Anti Korupsi, Training Bahasa Jawa, Pelatihan Bio Plastik ada juga
program tambahan, yaitu program yang baru muncul setelah program utama dan
benunjang dijhalankan. Program tersebut adalah Wisata Sejarah.
Dari kegiatan-kegiatan yang
saya laksanakan, hampir seluruhnya mendapatkan sambutan yang positif dari warga
terutama oleh anak-anak karena program yang diadakan dirasa sangat tepat dalam
menunjang kegiatan yang ada di dusun Jagalan. Secara garis besar pelaksanaan
program individu dalam KKN di dusun Jagalan, desa Margodadi, Seyegan, Sleman
ini berjalan dengan baik dan tidak mengalami masalah yang cukup serius.
BAB I
PENDAHULUAN
Kuliah Kerja Nyata
Program Pengabdian Masyarakat ( KKN PPM ) merupakan salah satu perwujudan dari
Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pengabdian masyarakat. Pengabdian merupakan
suatu wujud kristalisasi dan integralisasi dari ilmu yang tertuang secara
teoritis di bangku kuliah untuk diterapkan secara nyata dalam kehidupan
sehari-hari di masyarakat, sehingga ilmu yang diperoleh dapat diaplikasikan dan
dikembangkan dalam kehidupan masyarakat luas.
KKN bagi mahasiswa
diharapkan dapat menjadi suatu pengalaman belajar yang baru untuk menambah
pengetahuan, kemampuan, dan kesadaran hidup bermasyarakat. Bagi
masyarakat, kehadiran mahasiswa diharapkan mampu memberikan motivasi dan
inovasi dalam bidang sosial kemasyarakatan. Hal ini selaras dengan fungsi
perguruan tinggi sebagai jembatan ( komunikasi ) dalam proses pembangunan dan
penerapan IPTEK pada khususnya.
Tujuan utama dari Kuliah
Kerja Nyata adalah memacu pembangunan masyarakat dengan menumbuhkan motivasi
kekuatan sendiri, mempersiapkan kader-kader pembangunan (stock holder) serta sebagai agen
perubah (agen
of change). Tujuan utama lainnya adalah agar mahasiswa memperoleh
pengalaman belajar yang berharga melalui keterlibatannya dalam masyarakat, dan
secara langsung dapat menemukan, mengidentifikasi, merumuskan, serta memecahkan
permasalahan dalam kehidupan bermasyarakat secara interdisipliner,
komphrehensif, dan lintas sektoral. Berdasarkan hal diatas, Kuliah
Kerja Nyata UNY 2010 sebagai bentuk aplikasi
keilmuan yang dimiliki mahasiswa terhadap masyarakat dalam mengembangkan
kompetensinya, diharapkan sudah selayaknya siap untuk menghadapi tantangan yang
sedang berkembang pada era globalisasai seperti sekarang ini.
Kuliah Kerja Nyata
mempunyai empat kelompok sasaran, yaitu mahasiswa, masyarakat, pemerintah
daerah, dan perguruan tinggi. Bagi mahasiswa Kuliah Kerja Nyata mempunyai
sasaran untuk membina mahasiswa agar menjadi motivator dan inovator. Sasaran
bagi masyarakat dan Pemda adalah untuk memperoleh bantuan pemikiran, tenaga,
serta IPTEK dalam merencanakan dan melaksanakan pembangunan. Sasaran bagi
perguruan tinggi adalah untuk memperoleh umpan balik sebagai hasil
pengintegrasian mahasiswa dalam masyarakat, sehingga kurikulum perguruan tinggi
dapat disesuaikan dengan kondisi masyarakat yang diwakili oleh PEMDA yang
terkait.
A. ANALISIS SITUASI
Dusun Jagalan merupakan salah satu dusun di
Desa Margodadi, Kecamatan Seyegan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Dusun Jagalam
berbatasan langsung dengan dusun-dusun lain di sekitarnya, yakni sebelah utara
dusun Mlandri, sebelah Selatan dusun Kurahan, barat dusun Mbolu dan timur
dengan dusun Japanan.
Sebagian besar penduduk Jagalan berprofesi
sebagai petani. Hal itu sesuai dengan keadaan alam yang wilayahnya banyak
terdapat sawah. Jumlah warga di dusun Jagalan ini ada sekitar 500 yang terdiri
dari 152 kepala keluarga, yang terbagi atas empat RT dan dua RW yaitu RT 1, 2,
3 dan 4 dan RW 13 dan 14.
Organisasi manyarakat di dusun Jagalan antara
lain RT, RW, paguyuban ronda, sanggar tari, PKK, kelompok ternak dan
Karangtaruna (organisasi kepemudaan). Sedangkan sebagian masyarakatnya menganut
agama Islam.
Terdapat berbagai permasalahan pokok di dusun
Jagalan ini yang perlu mendapat perhatian maupun bantuan agar masalah-masalah
tersebut dapat diatasi demi mewujudkan desa yang mandiri dan memiliki daya
saing yang tinggi.
1. Latar
Belakang
Ø Letak
Dusun Jagalan
Dusun Jagalan, merupakan sebuah Dusun
dengan lokasi yang cukup strategis. Dusun tersebut berada di wilayah Desa Margodadi, Kecamatan Seyegan, Kabupaten sleman, dengan batas – batas
wilayah sebagai berikut:
1. Sebelah
Utara
: Dusun Mlandri
2. Sebelah
Selatan
: Dusun
Kurahan
3. Sebelah
Barat
: Dusun Mbolu
4. Sebelah
Timur
: Dusun Japanan
Ø Aksesibilitas
Luas areal yang
sedemikian itu terbagi menjadi 4 Rukun Tetangga ( RT ), yaitu RT. 01, RT. 02, RT 03 dan RT 04.
Jumlah penduduk Dusun Jagalan secara
keseluruhan ± 454 dengan
jumlah Kepala Keluarga (KK) ± 151.
2. Kondisi Alam dan Potensi
Fisik
Dari uraian sebelumnya,
bahwa Dusun Jagalan adalah memiliki
lahan pertanian yang cukup luas. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya petani
sebagai mata pencaharian utama. Hampir sebagian besar bagian Dusun Jagalan dikelilingi olehsawah
dan lahan palawija.
3. Kondisi Perekonomian
Mata pencaharian penduduk dusun Jagalan sebagian besar adalah petani, peternak, namun ada beberapa warga
yang berprofesi sebagai PNS dan Pegawai swasta.
4. Kondisi Sosial
Masyarakat
Ø Agama
Penduduk di Dusun Jagalan mayoritas
beragama Islam.
Jumlah sarana ibadah
sebagai berikut :
Masjid
: 1 buah
Gereja
: -
Ø Pendidikan
Dusun Jagalan khususnya
belum terdapat sarana pendidikan formal.
Ø Kesehatan
Sarana dan prasarana di bidang
kesehatan di Dusun Jagalan adalah Pos
Pelayanan Terpadu
(POSYANDU).
Ø Kesenian
dan Olahraga
Jenis kesenian yang ada
di Dusun Jagalan terdiri dari :
1. Kesenian Tari
Ø Organisasi
yang berkembang
Organisasi kemasyarakatan yang
berkembang di dusun Jagalan adalah RT, RW, PKK, Posyandu, Kelompok Pertanian, Perikanan,
Peternakan “Suro Dadi” dan Organisasi Kepemudaan
”PHS”.
Adapun sarana olahraga yang ada terdiri dari :
1. Lapangan Badminton dan volly : 1 buah
5. Kondisi Pemerintahan dan
Kelembagaan (Aparatur Dusun)
Pemerintahan Dusun Jagalan berjalan
lancar berkat kerjasama yang baik antara lembaga dengan masyarakat.
Susunan aparat pemerintahan Dusun Jagalansudah
memenuhi standar. Adanya LPMD (Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa),
Karang Taruna “PHS”, kelompok ternak “Suro Dadi“, Kelompok
Tani, PKK,
dan TPA (Taman Pendidikan Al Qur’an) mencerminkan sebuah
pemerintahan dusun yang terorganisir. Selain itu adanya pertemuan rutin
antar warga menunjukkan pula adanya hubungan dan komunikasi antara masyarakat
yang berjalan dengan baik.
B. PERUMUSAN
PROGRAM KERJA INDIVIDU
Berdasarkan analisis
situasi tersebut maka kami dapat merumuskan rancangan program kerja yang akan
dilaksanakan selama KKN berlangsung dalam berbagai sektor bidang. Dalam
perumusan program kerja ini kami mengacu pada hasil observasi yang
telah dilaksanakan sehingga program yang akan dilaksanakan nantinya dapat
disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat ( sesuai situasi dan kondisi ). Rincian
Program Kerja KKN di Dusun Jagalan adalah sebagai berikut :
1. PROGRAM KERJA KELOMPOK
No.
|
NAMA PROGRAM
|
DESKRIPSI
|
PJ
|
1
|
PERBAIKAN
ADMINISTRASI DUSUN
|
Melengkapi
administrasi dusun, membantu kegiatan dusun, dan mendukung kemajuan dusun
|
Erma
Nur Hidayati
|
2
|
KERJA BAKTIMEMBERSIHKAN JALAN UTAMA
|
Membantu
penduduk desa dalam kerja bakti membersihkan desa
|
Ricko
Andhika Putra
|
3
|
PENAMBAHAN
BUKU PERPUS
|
Membantu
pengadaan buku di perpustakaan desa sekaligus memotivasi masyarakat desa
untuk gemar membaca.
|
Fariz
Fahmi
|
4
|
PERBAIKAN
JALAN DUSUN
|
Memberikan
bantuan kepada masyarakat dusun Jagalan mengenai penindaklanjutan jalan desa.
|
Syarif
Hidayat dan Ricko Andhika Putra
|
5
|
PENAMBAHAN
PERLENGKAPAN SARANA MASJID
|
Penambahan
dan perbaikan sarana dan prasarana masjid
|
Intan
Imawati
|
6
|
SOSIALISASI WARGA
|
Menginformasikan
Progam kerja KKN kepada warga dan untuk mengakrabkan antar warga dengan
mahasiswa KKN
|
Syarif
Hidayat
|
7
|
PELAYANAN
KESEHATAN
|
Memberikan
penyuluhan dan pelayanan kesehatan
|
Erma
Nur Hidayati
|
8
|
PEMBINAAN
TPA
|
Mengadakan
bimbingan baca Iqro dan Al Qur’an dan bimbingan menulis tulisan arab.
|
Fikri
Y.
|
9
|
PERINGATAN
ISRA MI’RAJ
|
Memperingati
hari besar Islam Isra’ Mi’raj
|
Eko
Dwi N.
|
10
|
PENYULUHAN
TERNAH DAN PETERNAK SEHAT
|
Penyuluhan
ternak dan peternak sehat pada kelompok ternak Suro Dadi Jagalan
|
Erma
Nur Hidayati
|
11
|
LOMBA HUT
KEMERDAKAAN RI
|
Memeriahkan
HUT RI ke 65 sekaligus mengakrabkan mahasiswa KKN dengan masyarakat
|
Sri
H.
Fikri
Y
|
12
|
PENTAS
HUT RI
|
Ajang
kemampuan, kreativitas, dan ketrampilan anak-anak, pemuda dan organisasi
masyarakat.
|
Sri
H.
|
13
|
TIRAKATAN
|
Merenungkan
arti kemerdekaan dari segi sekaligus mengakrabkan mahasisawa KKN dengan
masyarakat dusun Jagalan
|
Erma
Nur Hidayati
|
14
|
PEMBINAAN
KOPERASI
|
Memberikan
penyuluhan dan memberikan bimbingan mengenai pentingnya Koperasi
|
Anggy
J. Q.
|
2. PROGRAM KERJA KELOMPOK
TAMBAHAN
No.
|
NAMA
PROGRAM
|
DESKRIPSI
|
PJ
|
1
|
PLANGISASI
|
Membuat
plang yang menunjukkan kea rah posko KKN UNY kelompok 34
|
|
2
|
KEGIATAN
RAMADHAN
|
Pelaksanaan
kediatan ramadhan berupa TPA, buka bersama, tadarus, tarawih dan pengajian
|
|
3
|
POLISI
SAHABAT ANAK
|
kegiatan
kerjasama antara Polda dengan KKN yang ada di Seyegan berupa pengenalan
rambu-rambu lalu lintas dan pengenalan helm SNI serta SIM
|
3. PROGRAM KERJA INDIVIDU
UTAMA
a. Bimbingan
belajar IPS
4. PROGRAM KERJA INDIVIDU
PENUNJANG
b. Bimbingan belajar bahasa Inggris
c. Posyandu
d. Pendidikan anti korupsi
e. Training bahasa jawa
f. Pelatihan Bio Plastik
5. PROGRAM KERJA INDIVIDU TAMBAHAN
a. Piket Kelurahan
b. Wisata Sejarah
6. PROGRAM KEGIATAN
INSIDENTAL
a. Insidental Kelompok
1. Upacara penerimaan
2. Koordinasi dengan warga
3. Koordinasi dengan kelompok
4. Monitoring DPL
5. Upacara 17 Agustus
6. Perpisahan KKN
b. Insidental Individu
1. Tahlilan/Pengajian
2. Nyebar undangan
3. Membuat Proposal
BAB II
PEMBAHASAN DAN
PELAKSANAAN PROGRAM
Program-program yang sudah dirancang dan direncanakan
pada waktu observasi telah dilaksanakan dengan hasil yang cukup memuaskan,
tetapi ada juga program yang hasilnya kurang dari apa yang diharapkan. Hasil
dari program kerja tersebut rinciannya sebagai berikut :
A. PROGRAM KERJA INDIVIDU
UTAMA
Program kerja utama yang dibentuk sesuai dengan perencanaan awal dari hasil
survei ketempat lokasi dengan melihat, dan memperhatikan serta meminta masukan,
saran dan berbagai pertimbangan dari bapak kapala dusun, tokoh masyarakat
dan warga dusun Jagalan serta
teman-teman kelompok sesuai dengan kebutuhan dan kondisi lingkungan.
Program tersebut yaitu:
1. Nama Kegiatan :
Bimbingan Belajar IPS
DESKRIPSI KEGIATAN
|
KETERANGAN
|
Tujuan
|
Membantu
siswa dan siswi SD , SMP Desa Jagalan dalamtercapainya penyesuaian akademis
sehingga dapat mengembangkan potensinya secara optimal.
|
Manfaat
|
Meningkatkan pemahaman dan
kesadaran akan pentingnya belajar dan manfaat pendidikan sejak usia
dini
|
Sasaran
|
Siswa
dan siswi SD dan SMP
|
Rencana
|
Setiap
Sabtu mulai Minggu ke 3
|
Pelaksanaan
|
Kamis
dan Jum’at (pukul 18.00 & 19.30) mulai Minggu ke 2 bulan Juli
|
Tempat
|
Posko
KKN
|
Anggaran
Dana
|
Rp. 6.000
|
Sumber
Dana
|
Sponsor
|
Peserta
|
30 anak
|
Acara / Kegiatan
|
Ø Mengisi materi mata
pelajaran sesuai dengan kompetensi pengajar (mahasiswa KKN)
Ø Pelatihan soal
Ø Mengerjakan tugas yang
diberikan oleh sekolah masing – masing siswa.
|
Evaluasi
/ Hasil
|
Ø Meningkatnya semangat belajar para siswa bimbingan
belajar dan menjadikan mereka lebih mampu meyerap dengan cepat pelajaran di
sekolah.
|
B. PROGRAM KERJA INDIVIDU
PENUNJANG
Program kerja individu
yang dibentuk atau dikerjakan untuk mendukung program individu utama dan
insidental (tambahan), sehingga dalam program individu satu dengan yang lain
dapat sinergi dan saling melengkapi. Program tersebut antara lain :
1. Nama Kegiatan : Bimbingan belajar bahasa Inggris
DESKRIPSI KEGIATAN
|
KETERANGAN
|
Tujuan
|
Membantu
siswa dan siswi SD , SMP Desa Jagalan dalamtercapainya penyesuaian akademis
sehingga dapat mengembangkan potensinya secara optimal.
|
Manfaat
|
Meningkatkan pemahaman dan
kesadaran akan pentingnya belajar dan manfaat pendidikan sejak usia
dini
|
Sasaran
|
Siswa
dan siswi SD dan SMP
|
Rencana
|
Setiap
Selasa mulai Minggu ke 3 bulan Juli
|
Pelaksanaan
|
Senin
dan Selasa (pukul 18.00 & 19.30) mulai Minggu ke 2 bulan Juli
|
Tempat
|
Posko
KKN
|
Anggaran
Dana
|
Rp. 6.000
|
Sumber
Dana
|
Sponsor
|
Peserta
|
30 anak
|
Acara / Kegiatan
|
Ø Mengisi materi mata
pelajaran sesuai dengan kompetensi pengajar (mahasiswa KKN)
Ø Pelatihan soal
Ø Mengerjakan tugas yang
diberikan oleh sekolah masing – masing siswa.
|
Evaluasi
/ Hasil
|
Ø Meningkatnya semangat belajar para siswa bimbingan
belajar dan menjadikan mereka lebih mampu meyerap dengan cepat pelajaran di
sekolah.
|
2. Nama kegiatan : Posyandu
DESKRIPSI KEGIATAN
|
KETERANGAN
|
Tujuan
|
Menurunkan
Angka Kematian Bayi (AKB) melalui pemantauan Berat badan, tinggi badan, dan
lingkar kepala sehingga dapat terdeteksi sejak dini.
Menambah
asupan gizi dan vitamin yang diperlukan oleh balita
Memberikan
penyuluhan tentang asupan gizi serta cara pemberian ASI yang baik.
|
Manfaat
|
Perkembangan setiap balita dapat
dipanatau dan selalu dicatat
|
Sasaran
|
Balita
di Dusun jagalan
|
Rencana
|
23
Juli dan 23 Agustus
|
Pelaksanaan
|
23
Juli dan 23 Agustus (Pukul 15.00-17.00)
|
Tempat
|
Rumah
Bapak Dukuh
|
Anggaran
Dana
|
Rp. 10.000
|
Sumber
Dana
|
Sponsor
|
Peserta
|
15 balita
|
Acara / Kegiatan
|
Mencatat berat badan, tinggi badan dan lingkar kepala
serta memberi asupan Gizi berupa buah
|
Evaluasi
/ Hasil
|
Peserta
posyandu mendapat tambahan gizi berupa pemberian buah pisang dan pemberian
vitamin A, dan para ibu memperoleh informasi tentang cara pemberian ASI yang
baik serta informasi mengenai makanan tambahan yang sehat dan bergizi.
|
3. Nama kegiatan : Pendidikan
Anti Korupsi
DESKRIPSI KEGIATAN
|
KETERANGAN
|
Tujuan
|
Pengenalan tentang 9 nilai anti Korupsi pada anak
|
Manfaat
|
Meningkatkan kesadaran dan
pentingnya menjauhakan diri dari korupsi
|
Sasaran
|
Siswa
dan siswi SD dan SMP
|
Rencana
|
25
Juli 2010
|
Pelaksanaan
|
12
Agustus 2010
|
Tempat
|
Posko
KKN
|
Anggaran
Dana
|
Rp. 200.000
|
Sumber
Dana
|
Sponsor
|
Peserta
|
15 anak
|
Acara / Kegiatan
|
Ø Pengenalan 9 nilai
pokok anti korupsi
Ø Diskusi bersama
Ø Nonton video dampak
korupsi, warung kejujuran dan snapshot koruptor
|
Evaluasi
/ Hasil
|
Telah
disampaikan materi mengenai 9 nilai anti korupsi dan peserta bisa
menerapkannya di dalam kehidupan sehari-hari.
|
4. Nama kegiatan : Training
Bahasa Jawa
DESKRIPSI KEGIATAN
|
KETERANGAN
|
Tujuan
|
Melatih
dan mengembangkan pranata adicara kepada masyarakat Desa Jagalan yang
membutuhkan.
|
Manfaat
|
Menumbuhkan kesadaran akan
pentingnya mempelajari dan menggunakan Bahasa Jawa
|
Sasaran
|
Pemuda
di Dusun Jagalan
|
Rencana
|
Setiap
Rabu, pukul 18.30-22.00 mulai Minggu ke 3 – 5 bulan Juli
|
Pelaksanaan
|
Setiap
Rabu, pukul 18.30-22.00 mulai Minggu ke 3 – 5 bulan Juli
|
Tempat
|
Rumah
Pak Dukuh
|
Anggaran
Dana
|
Rp. 180.000
|
Sumber
Dana
|
Sponsor
|
Peserta
|
24 orang
|
Acara / Kegiatan
|
Pemberian materi dan praktek membawakan Pranata Adicara
|
Evaluasi
/ Hasil
|
Meningkatnya
minat para pemuda untuk lebih mempelajari bahasa Jawa Kromo Inggil dan mereka
termotivasi untuk berlatih menjadi pranata adicara bahasa Jawa.
|
5. Nama kegiatan : Pelatihan
Bio Plastik
DESKRIPSI KEGIATAN
|
KETERANGAN
|
Tujuan
|
Membuat kerajinan dari bahan kimia
dengan objek makhluk hidup
|
Manfaat
|
Meningkatkan
kreatifitas seni masyarakat dan pemanfaatan Sumber Daya Alam di Dusun Jagalan
|
Sasaran
|
Siswa
siswi SD di Dusun Jagalan
|
Rencana
|
3
dan 10 Agustus 2010
|
Pelaksanaan
|
Minggu,
15 Agustus 2010
|
Tempat
|
Posko
KKN
|
Anggaran
Dana
|
Rp. 50.000
|
Sumber
Dana
|
Mahasiswa
|
Peserta
|
11 anak
|
Acara / Kegiatan
|
Membuat kerajinan berupa mengawetkan makhluk hidup
dengan menggunakan bahan bahan kimia
|
Evaluasi
/ Hasil
|
Menambah
ilmu tentang pemanfaantan SDA untuk dijadikan aksesoris dan anak-anak lebih
peduli terhadap alam dan menjadikannya sebagai sarana kreatifitas.
|
C. PROGRAM INDIVIDU TAMBAHAN
Program individu tambahan muncul ketika
program utama dan pendukung sudah berjalan. Program ini berasal dari kelurahan
dan KKN Ilmu Sejarah di Seyegan. Program tersebut antara lain :
1. Piket kelurahan
DESKRIPSI KEGIATAN
|
KETERANGAN
|
Tujuan
|
Membantu mencatat administrasi
berupa pembuatan surat pengantar SKCK, pembuatan KTP dan Akta kelahiran
|
Manfaat
|
Dapat mengetahui bagaimana cara
mencari surat pengantar CKCK, surat pengantar pembuatan KTP dan Akta
kelahiran
|
Sasaran
|
-
|
Rencana
|
-
|
Pelaksanaan
|
12
Juli 2010 (08.00 - 11.00)
15
Juli 2010 (08.00 - 11.00)
23
Juli 2010 (08.00 - 11.00)
9
Agustus 2010 (08.00 - 11.00)
16
Agustus 2010 (11.00 - 14.00)
|
Tempat
|
Kantor
kelurahan Margodadi
|
Anggaran
Dana
|
Rp. -
|
Sumber
Dana
|
-
|
Peserta
|
3 orang
|
Acara / Kegiatan
|
Mencatat dan mengisi blangko surat pengantar
|
Evaluasi
/ Hasil
|
telah
dicatat data-data orang yang meminta dibuatkan surat pengantar maupun
keterangan pindah, buat akta dan KTP.
|
2. Wisata Sejarah
DESKRIPSI KEGIATAN
|
KETERANGAN
|
Tujuan
|
Memperkenalkan tempat-tempat
wisata sejarah kepada anak-anak SD
|
Manfaat
|
Menambah pengetahuan dan wawasan
anak-anak terhadap tempat-tempat wisata sejarah di Yogyakarta
|
Sasaran
|
Anak-anak
SD
|
Rencuana
|
Minggu,
15 Agustus 2010 (Pukul 07.00-15.00)
|
Pelaksanaan
|
Minggu,
15 Agustus 2010 (Pukul 06.30-13.00)
|
Tempat
|
Benteng,
Keraton, Sono Budoyo, Masjid Agung
|
Anggaran
Dana
|
Rp. 950.000
|
Sumber
Dana
|
Mahasiswa
|
Peserta
|
70 orang
|
Acara / Kegiatan
|
Jalan-jalan dan memperkenalkan sejarah pada anak-anak
|
Evaluasi
/ Hasil
|
Anak-anak
merasa senang dan mengetahui tempat-tempat bersejarah di Yogyakarta, selain
itu, anak-anak juga mempunyai tempat tujuan wisata yang lebih bermanfaat
terutama dalam bidang pendidikan.
|
D. PROGRAM
KEGIATAN INSIDENTAL
Beberapa kegiatan
insidental yang pernah dilakukan oleh mahasiswa selama masa KKN di Dusun Jagalan antara
lain : Yasinan/pengajian, nyebar undangan dan buat proposal. Kegiatan
ini adalah kegiatan yang ada karena kebutuhan masyarakat pada waktu itu,
sehingga waktu pelaksanaannya sangat mendadak (insidental) :
1. Insidental Kelompok
Tanggal
|
Nama Kegiatan
|
Deskripsi
Pelaksanaan
|
1, 5 Juli 2010
|
Upacara
Penerimaan
|
Upacara penerimaan dikelurahan dan
di kecamatan. Sebagi tanda bahwa KKN UNY 2010 telah diterima di untuk KKN di
dusun-dusun yang ada di Kecamatan Seyegan.
|
3, 4, 6, 7, 9, 13, 15
Juli dan 10 Agustus 2010
|
Koordinasi Dengan Warga
|
Koordinasi dengan kepala Dusun dan
pihak-pikhak yang terkait untuk membahas program yang akan dilaksanakan.
Silaturahmi dengan masyarakat Jagalan atau untuk membicarakan program kerja,
misalnya kerumah Pak Ngadiyono untuk membahas penindaklanjutan bantuan jalan,
koordinasi dengan Pak Sucipto untuk membahas program ternak dan peternak
sehat. Selain itu juga koordinasi dengan takmir Masjid Al Fatah untuk
mendiskusikan kegiatan TPA dusun Jagalan.
|
2, 13, 15, 16, 19, 20,
25 Juli dan 1, 9 Agustus 2010
|
Koordinasi
kelompok
|
Koordinasi dengan anggota kelompok
untuk membahas program kerja dan evaluasi setiap kegiatan yang telah
dilaksanakan.
|
7, 15 Juli dan 7, 19
Agustus 2010
|
Monitoring
DPL
|
Monitoring dari DPL untuk membahas
kelancaran program kerja, baik hambatan maupun cara menanggulanginya dan
sebagai mediator antara KKN dengan LPM.
|
17 agustus 2010
|
Upacara
17 Agustus
|
Mengikuti upacara 17 Agustus di lapangan Margomulyo.
|
30 Agustus 2010
|
Perpisahan
KKN
|
Perpisahan KKN dengan masyarakat dusun Jagalan.
|
2. Insidental Individu
Tanggal
|
Nama Kegiatan
|
Deskripsi
Pelaksanaan
|
30, 1, 2, 3, 8 Juli
2010
|
Yasinan/pengajian
|
Yasinan dan tahlilan meninggalnya
adik Pak dukuh yang berada di Jakarta, mengikuti pengajian rutin setiap malam
Minggu Pon dan yasinan rutin di Masjid Al Fatah dusun Jagalan setiap Kamis
malam.
|
6 Juli 2010
|
Nyebar Undangan
|
Menyebarkan undangan untuk masyarakat
dusun Jagalan untuk mengikuti sosialisasi proker untuk PKK dan pembinaan
koperasi di dusun Jagalan, serta pendataan anak-anak dusun Jagalan yang akan
mengikuti kegiatan TPA dan bimbel.
|
7, 30 Juli dan 6 dan
14 Juli 2010
|
Buat
Proposal
|
Membantu Pak Slamet uuntuk
membuatkan Proposal untuk TPA dan proposal sinoman.
|
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Berdasarkan uraian
pelaksanaan program kerja KKN UNY Semester Khusus tahun 2009/ 2010
di lokasi 34 yang diselenggarakan
pada tanggal 30 Junisampai
tanggal 31 Agustus 2010 di
Dusun Jagalan, Desa Margodadi ,
Kecamatan Seyegan,
Kabupaten Sleman, maka
dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut :
Ø Kegiatan
/ program fisik dapat terlaksana cukup baik, beberapa program fisik 75 %
terselesaikan sisanya akan dilanjutkan oleh masyarakat setelah KKN berakhir.
Bantuan dana sebagian dari sponsor,
mahasiswa KKN dan dari
masyarakat. Program ini dilaksanakan bersama-sama antara mahasiswa dengan
masyarakat.
Ø Kegiatan
/ program non fisik terlaksana dengan baik, program berupa penyadaran,
pendampingan dan penyuluhan kepada masyarakat memerlukan proses yang cukup
lama. Dari mulai sosialisasi sampai pelaksanaan. Target secara kualitas
tercapai, namun secara kuantitas beberapa program masih cukup jauh dari
harapan.
B. Saran
Untuk
Mahasiswa
Ø Perlu adanya koordinasi dan
kerjasama yang baik antar individu dan kelompok, sehingga program kerja dapat
berjalan dengan baik dan lancar.
Ø Setiap individu harus
mempunyai niat dan tujuan yang baik, rasa ikhlas, tanggung jawab yang besar,
sehingga perlu adanya kesiapan secara fisik, mental, emosional dan dana yang
cukup agar KKN tersebut dapat berjalan dengan lancar dan baik.
Ø Mahasiswa harus dapat
mengelola waktu yang dimiliki selama KKN dengan sebaik-baiknya.
Untuk Pemerintahan Desa dan Masyarakat
Ø Menghilangkan
persepsi bahwa mahasiswa KKN adalah sebagai penyandang dana (donatur),
melainkan sebagai motivator,
mediator dan dinamisator.
Ø Berpartisipasi
akitif dalam setiap kegiatan yang KKN adakan.
Ø Meningkatkan
semangat dalam mencari ilmu dimanapun, kapanpun, dan kepada siapapun.
Untuk Pemerintah Daerah
Ø Dukungan
pihak Pemerintah Daerah terhadap adanya mahasiswa KKN hendaknya ditingkatkan
lagi dalam bentuk bantuan materiil maupun non materiil.
Ø Ada
follow up (tindak lanjut) dari Pemerintahan Daerah Sleman terhadap
beberapa program-program KKN yang telah diselenggarakan berupa pendampingan.
Lembaga
Pengabdian Masyarakat (LPM) UNY
Ø Adanya persiapan yang
matang serta adanya pelatihan dan praktek kerja lapangan.
Ø Sebagai fasilitator
mahasiswa dalam pendampingan terhadap program KKN, diharapkan lebih sering
turun ke lapangan saat program berlangsung.
Ø Melebarkan sayapnya dalam
membangun jaringan dengan beberapa instansi swasta yang dapat mendukung
program KKN, tidak terbatas kepada Pemerintahan Daerah Sleman saja.
DAFTAR
PUSTAKA
Tim
penulis. 2010. Kumpulan Makalah Pembekalan
Kuliah Kerja Nyata (KKN) UNY.
Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat : UNY
Tim
penulis. 2010. Panduan Kuliah Kerja
Nyata Universitas negeri
Yogyakarta. Lembaga Pengabdian Kepada
Masyarakat : UNY
DAFTAR LAMPIRAN
1. Matrik Program Kerja
2. Catatan Harian
3. Rekapitulasi Dana
4. Daftar Presensi Bimbel IPS
5. Daftar Presensi Bimbel
Bahasa Inggris
6. Daftar Presensi Pendidikan
Anti Korupsi
7. Daftar Presensi Training
Jawa
8. Materi Training Bahasa Jawa
9. Foto - Foto Kegiatan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar